Thursday, December 30, 2010

Menu Ikan Mahal

Ini aku tergelitik pingin banget cerita lucu. Pagi-pagi sedang mengerjakan laporan, dimilis NCC (milis kuliner) ada anggota yang share pengalaman menu ikan Koi goreng. Wakkkss, gimana ya rasanya ikan mahal itu?

Temanku punya piaraan 5 ikan koi. Karena air kolamnya ga pernah diganti, 3 koi mati. Waktu temanku tanya sàma pembantunya, "dikubur dimana?"..eeh si pembantu dengan polosnya bilang, " sudah digoreng, Bu" whaaatyttsss... Kemudian dilanjutkan "juga sudah dimakan. Ini tinggal satu sisanya" Itu si 'mba sampai bingung antara sedih, kecewa dan malah pingin ketawa satir.

Cerita makan ikan mahal sebetulnya pernah terjadi dikeluarganya. Lebih tepatnya terjadi pada om-
nya.

Ceritanya kurang lebih 20 tahun yang lalu si Om sore-sore pulang abis beli ikan Arwana Gold yang lumayan gede seharga 20 juta.

Sampai di rumah dikasihlah ke pembantunya -maksud hati biar ditaro akuarium- apa daya si Asisten Rumah Tangga (ART) rada polos, dibawalah ikan itu ke dapur disiangi dan digoreng!!

Makan malem si Om makan ikan dengan lahapnya, katanya uenak banget.... Dipanggillah si ART trus ditanya, itu ikan apa.... Dengan polos si ART jawab 'ingkang dibetha bapak wau' (yg dibawa bapak tadi-red) dan saat itu juga si om langsung pingsan.... Beneran pingsan abis makan ikan 20jt yg umurnya cm 1,5 jam......
Tragis....

Ketika diceritakan hal itu, temanku gak bisa berhenti ketawa. Dan apa yang terjadi dengan om-nya 20 tahun lalu juga terjadi padanya pagi ini.

Pengalaman itu memunculkan pendapat teman milis lainnya. Sama-sama ikan Arwana. Kalau yang satu ini suaminya pemelihara semua jenis binatang, termasuk Arwana. Tiba-tiba Arwana-nya loncat dari akuarium. Akhirnya mati.

Suami temanku tega menyuruh isterinya menggorengnya. Temanku sih gak tega. Bahkan gak berniat makan. Dia minta pembantunya membersihkan. Asli, saking kerasnya, sang ART harus nyabutin sisiknya pake Tang satu persatu.

Aku cerita kayak gini sama teman maya, dia malah nyeletuk: "makin banyak, ya orang kaya di Indonesia sehingga Arwana aja bisa mampir ke meja makan"

jadi makan ikan Mujaer udah turun kelas sosial dong yaaa.....
ah tetap aja aku mah pingin berteriak: Hidup Lele!! (ikan sejuta ummat)

No comments: