Friday, March 07, 2008

An Evening With Miss Monroe

"It was then that she said, "I like this girl because she's the kind of woman that every man would like to be in there with. The kind of girl a truck driver would like to be in that bed with". ~Douglas Kirkland~

Masih ingat dengan pose seksi Marilyn Monroe, tubuh telanjangnya terbalut seprei putih. Marilyn mendekap bantal. Ekspresinya menggoda. Sampai sekarang banyak orang berpendapat bahwa dekapan tersebut seolah menyiratkan Marilyn sedang mendekap orang yang dicintainya.

Doug menjadi seterkenal objeknya. Foto tersebut digunakan sebagai cover story memperingati 25 tahun berdirinya Majalah selebritis, Look. Beberapa tahun Doug bekerja di Look, kemudian ia pindah ke majalah Life.

Foto An Evening with Marilyn Monroe itu heboh dipasaran artis Hollywood dan dunia. Gaungnya masih terdengar sampai saat ini. Terbukti Angelina Jolie mbela-belain untuk meluangkan waktu menjadi lahapan bidikan kampiun rol film seorang Douglas Kirkland. Jolie turut merelakan warna rambutnya diubah menjadi pirang mengikuti Marilyn. "Saya ingin seterkenal dia,"cetus Jolie yang nge-fans berat pose Marilyn beberapa dekade lalu itu.

Konsistensi karya Kirkland selama lebih dari empat dekade, membuatnya memiliki portofolio karya begitu fantastis. Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor, Audrey Hepbrun sampai Jessica Alba adalah beberapa selebritis dari generasi berbeda yang pernah diabadikannya lewat lensanya. Arnold Zchwarzenegger, dan artis papan atas Hollywood lainnya menjadi langganan bidikan lensanya. Kurang lebih sebanyak 90 persen kliennya merupakan artis dan tokoh dunia papan atas.

Doug dilahirkan tahun 1934 di Toronto, Ontario, Amrik. Awal mula ia terlibat dibiang fotografi dimulai ketika berumur 24 tahun. Saat itu Majalah fashion dan gaya hidup, Look membuka perekrutan untuk fotografer muda.

Dekade demi dekade dijalani Douglas. Semakin banyak juga artis yang menjadi “santapan kameranya. Sebut saja Mick Jagger, Sting, Morgan Freeman, Andy Warhol, Oliver Stone, Leonardo DiCaprio, Brigitte Bardot, Sophia Loren atau bahkan Charlie Chaplin. Kesemua itu pernah difoto dan diarahkan gaya olehnya. Anggapan yang sampai saat ini melekat padanya adalah: “Kalau belom dipoto sama Douglas, rasanya ngga lengkap,” Seperti itu juga rumor yang beredar dikalangan para artis Hollwood.

Doug juga dikontrak oleh industri film sebagai fotografer khusus film untuk lebih dari 100 film termasuk pada tahun 2001 : A space Odyssey. Doug juga menjadi fotografer untuk film: Sound of Music, Sophie's choice, Out of Africa, The Pirate Movie, Butch Cassidy and the Sundance Kid, Romancing the Stone, Titanic, dan Moulin Rouge.Buku kumpulan fotografinya dalam film mampu terjual secara fantastis, 2 juta kopi.

Pada tahun 1995 Doug yang hobi kongkow dari satu negara ke negara lainnya pake pesawat pribadi, menerima Lifetime Achievement Award dari The American Motion Pictures Society of Operating Cameramen. Buku dengan foto syuting film Titanic, yang berjudul: Titanic, menjadi buku penuh foto dengan hasil penjualan terbaik menurut versi majalah New York Times.

Kini tambahan keseharian Douglas adalah mengajar diberbagai universitas dan institut film di Amerika, Hong Kong, Singapura, dan Taiwan. Tidak menutup kemungkinan Ia mengajar dinegara lainnya.

Sebagai seorang fotografer yang bertahan di industri ini selama lebih dari empat dekade, tentunya Douglas pernah mengalami pasang surut dimana banyak kolega dan rekannya meninggalkan dunia itu. Tapi Doug memilih setia pada profesinya dan memanfaatkan waktu mempelajari area baru dalam fotografi, yaitu penggunaan software pengolah gambar dan digital photography.

Douglas selalu mengingatkan untuk menjadi diri sendiri. “I work with celebrities but I'm not in awe of them. Individuals are less important to me than the possibilities of creativity. It's making images that excite me. Honestly, the names have come and gone, but my good fortune is that I've remained."ulasnya.

1 comment:

anona said...

Sejujurnya, gw baru liat poto Mba Merilyn yang itu.. Hmm..?!!.. Boleh juga, gw mo poto ke' gitu jg ah..kikikik...:D